BUKTI FISIK DAN DATA PENDUKUNG
AKREDITASI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH
Standar Isi |
STANDAR ISI
Jumlah butir : 18
Bobot Komponen : 15
Skor tertimbang maksimal: 220
Instrument 1
Sekolah / madrasah melaksanakan kurikulum berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Bukti Fisik :Kurikulum Sekolah/ Madrasah yang berlaku sejak KTSP pertama dan revisi.
Substansi Materi Bukti Fisik nya yaitu 8 muatan kurikulum :
1. Muatan pelajaran
2. Muatan Lokal
3. Kegiatan Pengembangan diri
4. Pengaturan beban belajar,
5. Ketuntasan Belajar
6. Kenaikan kelas dan kelulusan
7. Pendidikan kecakapan hidup
8. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global.
Penjelasan Standar Isi kompetensi Sekolah Dasar Klik DISINI dan INI
Penjelasan Standar Isi kompetensi Sekolah Dasar Klik DISINI dan INI
Instrument 2
Sekolah / Madrasah mengembangkan kurikulum dengan melibatkan pihak terkait berpedoman pada panduan penusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP
A. Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah, seluruh guru, komite sekolah/ madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan dan tokoh pendidikan setempat
B. Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah, seluruh guru, dan komite sekolah/ madrasah atau penyelenggara lembaga pendidikan
C. Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah dan seluruh guru
D. Mengembangkan kurikulum bersama kepala sekolah dibantu beberapa orang guru
E. Tidak mengembangkan kurikulum
Bukti Fisik :
1. Undangan
2. Daftar Hadir
3. Notulen rapat dan
4. Berita acara
Substansi Materi Bukti Fisik.
Pihak-pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum yaitu pengurus.
Instrument 3
Sekolah/Madrasah mengembangkan kurikulum dengan menggunakan prinsip pengembangan KTSP.
A. Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 7 prinsip pengembangan KTSP
B. Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 5 — 6 prinsip pengembangan KTSP
C. Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 3 — 4 prinsip pengembangan KTSP
D. Mengembangkan kurikulum dengan menggunakan 1 — 2 prinsip pengembangan KTSP
E. Tidak mengembangkan kurikulum
Bukti Fisik :
1.Dokumen kurikulum sekolah/Madrasah yang berlaku sejak KTSP pertama dan revisi
2.Pedoman penyusunan kurikulum dari BSNP
Substansi Maeri Bukti Fisik
Prinsip pengembangan kurikulum :
1. Berpusat pada potensi, perkembangan,kebutuhan, dankepentingan siswa dan lingkungannya;
2. Beragam dan terpadu;
3. Tanggapan terhadap perkembangan IPTEK dan seni;
4. Relevan dengankebutuhankehidupan;
5. Menyeluruh dan berkesinambungan;
6. Belajar sepanjang hayat;
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
Instrument 4
Sekolah/Madrasah melaksanakan pengembangan kurikulum melalui mekanisme penyusunan KTSP.
A. Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 7 kegiatan pokok
B. Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 5 — 6 (enam) kegiatan pokok
C. Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 3 — 4 kegiatan pokok
D. Mekanisme penyusunan kurikulum dilakukan melalui 1 — 2 kegiatan pokok
E. Tidak mengembangkan kurikulum
Bukti Fisik:
1. SK Tim Pengembang kurikulum
2. Dokumen draf Kurikulum
3. Workshop kegiatan review dan revisi
4. Daftar hadir, undangan, notulen, berita acara
5. Dokumen kurikulum hasilrevisi
6. Finalisasi Kur.
7. Dokumen Kur. yang disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan setempat
Substansi Materi Bukti Fisik Mekanisme penyusunan KTSP :
1. Melibatkan tim pengembang kurikulum
2. Dilakukan melalui workshop
3. Kegiatan review danrevisi
4. Menghadirkan narasumber
5. Finalisasi Kurikulum
6. Pemantapan dan penilaian ( Validasi )
7. Pendokumentasian hasil pengembangan kurikulum
Instrument 5
Sekolah/Madrasah melaksanakan kurikulum dalam bentuk pengajaran berdasarkan prinsip pelaksanaan kurikulum.
A. Melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pelaksanaan
B. Melaksanakan kurikulum berdasarkan 5 — 6 prinsip pelaksanaan kurikulum
C. Melaksanakan kurikulum berdasarkan 3 — 4 prinsip pelaksanaan
D. Melaksanakan kurikulum berdasarkan 1 — 2 prinsip pelaksanaan
E. Tidak melaksanakan kurikulum berdasarkan prinsip dimaksud
Bukti Fisik :
1.Dokumen Kurikulumyang berlaku sejak pertama dan revisi
2.Dokumen kegiatan ke 5 pilar belajar.
3.Dokumen pelaksanaan pengembangan diri
4.Dokumen Programn perbaikan pembelajaran
5.Dokumen tambahan jam pelajaran
6.Dokumen pembelajaran di alam
7.Dokumen kegiatan social dan budaya
Substansi Materi Bukti Fisik Prinsip pelaksanaan kurikulum :
1. Siswa harus mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis, dan menyenangkan
2. Menegakkan 5 pilar belajar
3. Siswa mendapatkan layanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan percepatan
4. Suasana hubungan siswa dan guru yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat
5. Menggunakan pendekatan multi strategi dan multi media, sumber belajar, dan teknologi yang memadai dan memanfaatkan lingkungan sekitarsebagai sumber belajar
6. Mendayagunakan kondisi alam, social, dan budaya, serta kekayaan daerah
7. Diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan (observasi dan wawancara)
KISAH NYATA..............
ReplyDeleteAss.Saya IBU.FATMA WATI Dari Kota surabaya Ingin Berbagi Cerita
dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
internet dan menemukan nomor Ki Dimas,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Dimas alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
Dimas Taat Pribadi di nmr 081340887779 Kiyai Dimas Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.
KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!.
PESUGIHAN DANA GAIP KY DIMAS KANJENG
Mhn kirimkan k emsil saya. ...7 langkah penyusunan KTSP
ReplyDelete